Saturday 12 February 2011

(Singapura) Pilih Hotel atau Apartemen ?

Memilih tempat menginap ketika bepergian membawa 2 anak kecil membutuhkan pertimbangan sedikit lebih banyak. Mengingat Singapura terkenal dengan sistem transporatsi umum yang bagus, maka kami ingin memilih tempat menginap yang dekat dengan halte bus atau stasiun MRT (Mass Rapid Transportation). Rencananya kami nanti mau nyobain naik angkutan umum instead of naksi kemana-mana.

Saya menganggarkan 100SGD/malam untuk tempat menginap, dengan harapan cukup untuk satu buah kamar tidur dengan 1queen+1 single bed untuk kami berempat. Beda dengan para backpacker yang cukup membayar 20SGD-40SGD untuk menginap di hostel yang banyak bertebaran mulai dari daerah Bugis, Lavender, Little India, Chinatown hingga red distict Geylang. Maklumlah ada 2 anak kecil yang sudah pasti tidak diterima di hostel. Kebanyakan hostel menerapkan aturan hanya menerima tamu di atas 18thn.

Dueng !! Rupanya harga kamar hotel di Singapura lebih mahal dari kebanyakan hotel di Jakarta. Kamar type family yang saya inginkan rata-rata harganya lebih dari 150SGD. Dilihat dari fotonya, kamarnya benar-benar hanya berisi tempat tidur dan kamar mandi shower berukuran kecil. Rasanya penuh sesak, belum lagi ketidaktersediaan sarapan dan alat masak sederhana dalam kamar. Mengingat Bram masih minum susu formula dalam dot, paling tidak saya perlu tempat mencuci botol dan merebus dengan air panas. Jaringan hotel Fragance dan Hotel81 yang terkenal berharga miring, juga memasang tarif lumayan untuk cabang hotel di daerah strategis.

Saya mencoba mencari informasi di internet tentang tempat menginap alternatif selain hotel. Dari beberapa blog keluarga yang sedang liburan ke Singapura, mereka memilih menyewa unit apartemen agar bisa menampung banyak orang. Biasanya dalam satu apartemen terdapat 3 kamar tidur yang disewakan, memiliki ruang tamu, ruang makan, dapur hingga mesin cuci. Untuk rombongan kecil seperti kami, tidak perlu menyewa seluruh unit apartemen, boleh menyewa 1 kamar saja, sharing dengan tamu lain. Kelebihannya, meskipun kamarnya mungkin berukuran sama dengan kamar hotel, kami bisa memasak di dapur dan mencuci baju sendiri tanpa membayar laundry.

Masalahnya, bagaimana kami bisa tahu kamar apartemen mana saja yg disewakan dan kamar mana yang layak kami sewa ? Selama ini teman-teman kami yang pernah liburan ke Singapura kebanyakan lajangers bergaya backpack yang menginap di dorm hostel. Lagi-lagi kami mengandalkan informasi dari internet. Ternyata banyak apartemen di daerah Orchad, Sommerset dan Chinatown. Ketiganya berdekatan dengan stasiun MRT. Konon banyak orang Indonesia yang menjadi owner unit apartemen untuk disewakan. Bahkan beberapa kontak person-nya adalah no telepon Indonesia.

Saya juga mencoba memasukkan pencarian apartemen di situs http://singaporedailyapartment.panduanwisata.com/category/singapore-daily-room-enquiry/ . Cukup mencantumkan nama, alamat email, jumlah orang yang akan menginap, rencana lama tinggal di Singapura, range harga yang dianggarkan sampai daerah yang diinginkan. Nantinya akan ada banyak email yang masuk dari para pemilik apartemen yang menawarkan apartemennya.

Dari sekian banyak yang tawaran yang dikirim pemilik/pengelola unit apartemen, ada beberapa yang menarik. Apartemen di dekat MRT Lavender seharga 80SGD/malam, apartemen dekat MRT Khatib seharga 60SGD/malam, hingga apt dekat MRT Angmokio yang juga menetapkan harga sewa 60SGD/malam. Semuanya menawarkan 1queenbed+1 singlebed, AC, lemari, kamar mandi sharing untuk 2 kamar. Dilihat dari foto-fotonyapun lumayan. Tapi pilihan saya jatuh ke apartemen Lucky Plaza, dekat MRT Orchard seharga 100SGD/malam. Ada AC, jendela dengan pemandangan RS Mounth Elizabeth, 1queenbed+1sofabed lebar, lemari, meja rias+kaca. Ada 3 kamar yang disewakan dan 2 kamar mandi untuk bersama. Horenya lagi, ada kulkas, dapur, meja makan plus sarapan roti bakar, mesin cuci dan persediaan air minum gratis. Serasa menginap di rumah saudara saja.

Pertimbangan lainnya, unit apartemen ini jadi satu dengan mall Lucky Plaza. Jika kami kehabisan ide mau makan dimana, tinggal turun ke lantai 1, ada foodcourt yang menyediakan bermacam-macam makanan yang bisa dipilih. Mulai dari makanan Indonesia semacam nasi padang, nasi goreng dan bakso, juga ada chicken rice dan fast food yang biasanya jadi makanan mewah anak-anak (mewah, karena tidak boleh terlalu sering, banyak kalori dan kurang nutrisi)

Pemilik unit apartemen ini kebetulan orang Indonesia, begitu dipesan, saya harus membayar uang muka sebesar tarif menginap 1 malam, ditransfer ke rekening di Indonesia dalam rupiah. Sisa pembayaran harus dibayarkan ketika kami check-in dalam SGD. Baiklah, setelah membaca review beberapa tamu yang menginap di sana, saya merasa sreg dengan syarat-syarat yang diberikan. Dan percaya bahwa mereka tidak menipu dengan memberikan apartemen fiktif, maka pembayaran uang muka segera saya transfer. Saya mendapatkan tanda terima yg dikirim via fax, yang selanjutnya harus saya bawa ketika check in di hari H. -shant-

10 comments:

  1. Haiii...tolong info tiket bis dari belanda ke belgia dan luxemburg dong?saat ini saya ada di Kota Wageningen, Holand...email saya LestariPandiangan@yahoo.co.id...trims informasi nya yang sangat menginspirasi..^^..
    salam,
    Lestari

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      Delete
  2. Aku boleh minta kontak person penyewa nya ga ??

    ReplyDelete
  3. lucky plaza nya dimana? bisa minta contact nya? thx

    ReplyDelete
  4. boleh minta kontak yg pic nya apartement luzky plaza

    ReplyDelete
  5. berarti bagusnya pilih apartemen dong gan..
    fasilitas yang tersedia juga lebih lengkap
    kalau saya ke singapura, tinggal di apartemen juga la gan..
    apartemen disewa di kebayoran lama

    ReplyDelete
  6. berarti bagusnya pilih apartemen dong gan..
    fasilitas yang tersedia juga lebih lengkap
    kalau saya ke singapura, tinggal di apartemen juga la gan..
    apartemen disewa di kebayoran lama

    ReplyDelete
  7. Bagus sekali informasinya..
    Kasus ku sama, aku berencana liburan dg 2 org anak & istriku.
    Boleh minta Contact person nya yg di Lucky Plaza... please
    dfansyah@gmail.com
    Terimakadih

    ReplyDelete
  8. Boleh share contact person ownernya? yyuliana30@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Boleh share kontaknya atau ada saran buat websait buat cari apartemen untuk rombongan keluarga? Soalnya saya coba buka websaitnya gak bisa makasih

    ReplyDelete