Thursday 7 October 2010

baby food on the go


Penginnya sih bisa bikinin fresh food sepanjang hari sepanjang masa buat Baby bindi. Tapi kalau lagi traveling dan nginep di hotel, mana sempat? Kalo disempet-sempetin emang sempet sih, tapi pasti ribet banget karena harus bawa alat masak dari rumah. Enggak mau lah. Mending travelingnya ditunda aja sampe si baby sudah tumbuh menjadi kid. Hehe...!

Menanamkan semangat petualang pada si kecil memang nggak semata-mata belajar ngajakin si kecil sering ke luar kota kok. Yang lebih penting justru mengubah mindset kita sebagai orang tuanya, bahwa traveling atau backpacking itu mau nggak mau memaksa kita berkompromi dengan berbagai keterbatasan. Kompromi ini berlaku pukul rata, biar bocah masih berumur bulanan juga musti bisa kompromi dengan keterbatasan. Nah, kalau kita belum siap mental, sebaiknya menunda agenda traveling luar kota dulu lah. Daripada nanti jadi stress diserbu berbagai pertanyaan dari kerabat dan teman-teman, "gila, jadi tiap hari anakmu cuma dikasih makanan instan dan air minum botolan?"

Buat saya, pertanyaan itu mirip dengan yang biasa dilontarkan kalau saya traveling sendirian, "kamu kan perempuan, kok traveling sendirian ke luar negri?"

Jadi, saya sudah lumayan kebal dengan komentar-komentar sejenis itu. Komentar yang nggak perlu ditanggapi, tetapi butuh dimaklumi. Maklum, masyarakat agraris memang belum menempatkan traveling sebagai kebutuhan. Berbeda dengan masyarakat industri di mana waktu luang dan rekreasi itu sesuatu yang harus diperjuangkan.

Makanan instan itu tidak buruk kok. Buktinya Baby Bindi tidak terganggu pencernaannya saat mengkonsumsi makanan instant selagi traveling. Makanan instan yang saya pilih adalah yang siap santap, yaitu makanan dalam botol kecil.

Ada beberapa merk makanan siap santap yang sehat dan aman yang biasa saya beli, antara lain Heinz, Babynat, dan Gerber. Seringnya sih Bindi makan Heinz. Rasanya nikmat dan manis, emaknya juga suka. Biasanya saya pilih Heinz yang buah-buahan. Sedangkan yang sayuran organik, saya pilih produk Babynat. Tekturnya sedikit kasar, tidak berasa manis dan asin. Nggak enak banget buat lidah orang dewasa, tapi malah cocok buat Baby Bindi. Sedangkan untuk rasa ayam dan daging, biasanya saya menggunakan produk Gerber.

Oh iya, selain makanan solid utama, saya juga sedia snack buat Bindi. Snack favoritnya adalah Gerber Graduates Puff dan Baby Choice.

Produk-produk makanan import itu tersedia di supermarket di kota besar. Jadi, waktu liburan ke Bali, saya nggak erlu bawa stok banyak-banyak dari Jogja. Cukup bawa 2 botol untuk jaga-jaga di perjalanan (eh, malahan di pesawat Baby bindi dapet paket baby food dari Garuda berupa 2 botol Heinz. Horeee...!!!) Begitu tiba di Bali, agenda pertama adalah belanja baby food dulu di supermarket.

Baby food botolan ini super praktis, langsung disuapin dari botolnya aja. Jadi, hemat energi, nggak perlu nyuci mangkuk segala. Hehe....!

4 comments:

  1. Dear mama bindi

    terima kasih sekali nih artikel sangat amat membantu untuk persiapanku travelling bersama Raya 6 bulan ke singapore akhir tahun ini.
    Sebelumnya, pikiranku kepentuk terus dgn masalah baby food selama di singapore. Bahkan punya pikiran bikin baby food dari tanah air (jakarta) dibekukan dalam freezer lalu disimpan dalam coolerbox selama perjalanan di pesawat, sampe hotel langsung msk freezer lg. Tp masalahnya kulkas di hotel terkadang tidak terlalu dingin utk tetap buat beku baby food nya kan?
    Akhirnya nyerah deh, niatnya beli bubur bubuk instan buatan dlm negeri tp hati ttp ga sreg. Papa Raya yg sering travelling ke LN bilang bahwa ada yg jual kok makanan bayi yg langsung makan dan tanpa pengawet.
    Dengan artikel ini, aq mantap deh ke singapore dgn bayi ku.
    Thanks ya mama Bindi

    ReplyDelete
  2. Tq bgt infonya mama bindi,

    rencananya khira juga mau keluar tapi gak bawa suster nya, alhasil mama nya udah mulai pusing 7 keliling mikirin makanannya, waktu umur 3 bulan khira juga pernah keluar tapi belum makan jadi ya gak pusing, garuda juga pernah kasih khira Heinz, tapi agak ragu kasih ke khira, akhirnya mamanya yang cobain ternyata enaaakkk..ya udah besok-besok pakai Heinz aja dehh.

    ReplyDelete
  3. Infonya bermanfaat dan bikin lega.. soalnya saya ada rencana liburan 4 hari, saya dan suami tipikal yg simpel dan gak mau ribet, sampai koper kami bawa 1 pcs aja yg ukuran plg besar. Bbrp hari ini udh galau mikirin bawa peralatan mpasi, sampe mikir apa iya harus dibawa semua dari SC, saringan, thermosfood, cooler bag, dll (secara emak2 ga mau rempong).
    Ya sdhlah stelah dipikir kembali, niat liburan jgn dibawa stres. Jadi mutusin pakai instant food siap saji spt heinz dan gerber ini (sarapan & buah bisa ambil di hotel), toh utk liburan saja, setelah liburan balik lagi ke homemade.

    ReplyDelete
  4. Baby bindi klo djogja belanja nya dmn? Pendatang baru djogja ni..

    ReplyDelete